Perayaan Tema, TKIT Al Ummah Adakan Lomba Sepeda

Lomba sepeda Jum’at (22/1) itu diselenggarakan TKIT Al Ummah dalam rangka perayaan tema sepeda.

Perayaan Tema, TKIT Al Ummah Adakan Lomba Sepeda

Jalan paving di depan sekolah Al Ummah pagi itu dibagi menjadi dua. Sisi kanan dan sisi kiri dipisahkan dengan tali merah. Di tengah tiap sisi, berdiri botol-botol sebagai halang rintang.

Sesaat kemudian, dua anak berseragam olah raga warna biru mengayuh sepeda, menjaga keseimbangan agar bisa melalui finish dengan cara zig zag tanpa terjatuh atau menyenggol halang rintang. Sementara di tepi jalan, di sekitar garis start dan garis finish, tampak puluhan anak lain bersorak memberikan semangat. Tidak ketinggalan, para guru (baca: ustadzah) juga memberikan support pada dua siswa yang tengah berlomba. Suasana meriah berlangsung hingga seluruh siswa mendapatkan giliran lomba dan final untuk memperebutkan juara.

Lomba sepeda Jum’at (22/1) itu diselenggarakan TKIT Al Ummah dalam rangka perayaan tema sepeda. Selain lomba sepeda dengan halang rintang untuk roda dua, ada pula kategori lain yang diadakan pada hari yang sama. Yaitu lomba sepeda roda empat tanpa halang rintang. Kategori kedua ini khusus diperuntukkan bagi mereka yang belum mampu naik sepeda roda dua. Kebanyakan adalah mereka yang masih duduk di kelas A.Juara Lomba Sepeda 600px

Dalam kurikulum BCCT (Beyond Centers and Circle Time) atau metode sentra yang diterapkan TKIT Al Ummah, perayaan tema menjadi salah satu kegiatan pendukungnya. Setiap tema pembelajaran selalu ditutup dengan perayaan tema. Menurut penelitian Bobbi De Porter, perayaan seperti ini sangat efektif membantu anak untuk mencapai keberhasilan pembelajaran. Baik dalam bentuk peningkatan kualitas memori maupun kepercayaan diri.

Sedangkan tujuan khusus perayaan tema ini adalah peningkatan kemandirian dan psikomotorik anak. “Lomba sepeda sebagai bentuk perayaan tema sepeda di TKIT Al Ummah diharapkan mampu meningkatkan kemandirian anak. Di samping itu juga untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik anak. Sehingga mereka lebih terampil dan seimbang, serta fisiknya lebih terlatih,” terang Kepala TKIT Al Ummah Donna Ari Novita.[]

Comments are closed.