Mengawali Tahun Baru Islam dengan Hafalan Qur’an

Satu per satu siswa KBIT Al Ummah tampil di depan juri. Dengan percaya diri, mereka melantunkan surat-surat pendek yang dihafalnya.

Satu per satu siswa KBIT Al Ummah tampil di depan juri. Dengan percaya diri, mereka melantunkan surat-surat pendek yang dihafalnya. Meskipun yang menjadi juri bukan guru (baca: ustadzah) Al Ummah, itu tak mengurangi keberanian mereka untuk “setor hafalan”. Suara indah khas anak-anak mengaji memenuhi ruang lomba di Jl. Tanjung Wira VI No.44 GKB itu.

Lomba hafalan Qur’an (baca: surat-surat pendek) itu diselenggarakan KBIT Al Ummah dalam rangka perayaan tema “Aku Bangga Jadi Anak Islam” yang berakhir pada awal Desember ini. Perayaan Tema merupakan salah satu kegiatan pendukung di KBIT Al Ummah. Menurut penelitian Bobbi De Porter, perayaan seperti ini sangat efektif membantu anak untuk mencapai keberhasilan pembelajaran. Baik dalam bentuk peningkatan kualitas memori maupun kepercayaan diri.

Pada lomba yang digelar selama dua hari, 10 dan 11 Desember 2010 yang bertepatan dengan 4 dan 5 Muharram 1432 H ini hafalan siswa dinilai juga dari aspek makhraj huruf, tartil, dan tajwidnya. KBIT Al Ummah mempercayakan penjurian kepada Ustadzah Unah dan Ustadzah Ima yang selain kompeten juga berpengalaman.

“Semoga dengan lomba hafalan Qur’an ini anak-anak semakin mencintai Al-Qur’an, lebih bangga sebagai anak muslim, dan sejak dini bisa membaca Al-Qur’an dengan benar dan mulai menghafalkannya,” harapan Kepala KBIT Al Ummah Arifatus Sholihah.

Tampil sebagai juara I untuk kelas Jum’at adalah Rafli. Kemudian disusul Dhita dan Rakha sebagai juara II dan juara III. Juara harapan I, II, dan III masing-masing diraih Dafi, Deka, dan Rayhan. Sedangkan untuk kelas Sabtu, juara I diraih oleh Zahra. Sebagai juara II dan III adalah Chaca dan Yahya. Lalu diikuti oleh Reva, Adina, dan Ahsan, masing-masing sebagai juara harapan I, II, dan III.

Selamat kepada para juara dan selamat kepada semua siswa KBIT Al Ummah yang sejak dini telah mencintai Al-Qur’an. []

Comments are closed.