Himpaudi Manyar Simulasi Sentra di Al Ummah

KBIT Al Ummah mendapatkan kepercayaan sebagai penyelenggara Simulasi Sentra Himpaudi Manyar Gugus Timur

Himpaudi Manyar Simulasi Sentra di Al Ummah

KBIT Al Ummah mendapatkan kepercayaan sebagai penyelenggara Simulasi Sentra Himpaudi Manyar Gugus Timur, Sabtu (22/1). Sebanyak 60 guru PAUD menghadiri acara itu.

Acara yang berlangsung selama empat jam itu dibuka oleh Ketua Yayasan Al Ummah dan Ketua UPT Dinas Pendidikan Manyar. Dalam sambutannya, Ketua Yayasan Al Ummah Syarifuddin menyampaikan terima kasih atas kepercayaan Himpaudi dan sebagai lembaga pendidikan di Manyar Al Ummah siap memberikan kontribusi jika dibutuhkan. “Alhamdulillah, Al Ummah telah cukup lama menerapkan kurikulum sentra di KBIT. Semoga pengalaman Al Ummah bisa di-sharing pada forum ini”, kata Syarifuddin dalam sambutannya.

Sementara Ketua UPTD Dinas Pendidikan Manyar Siti Fatimah berharap pendidikan anak usia dini di Manyar semakin maju dan berkembang. Dalam sambutannya Fatimah mengatakan bahwa UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Manyar mendukung segala upaya untuk mencapai kemajuan itu termasuk simulasi sentra. “Guru-guru PAUD perlu belajar lebih dalam tentang sentra. Penting pula bagi Himpaudi untuk meningkatkan kreatifitasnya dalam meningkatkan mutu pendidikan sehingga tidak tergantung pada Diknas”, jelasnya.

Kepala KBIT Al Ummah menjelaskan sentra di depan Himpaudi Manyar

Kepala KBIT Al Ummah menjelaskan sentra di depan Himpaudi Manyar

Himpaudi memiliki alasan tersendiri mengapa simulasi sentra ini diadakan di Al Ummah. Sebagai Kelompok Bermain yang berdiri pertama kali di Manyar, Al Ummah memiliki cukup pengalaman karena telah menerapkan kurikulum sentra sejak 5 tahun yang lalu. Di samping itu, fasilitas yang dimiliki Al Ummah cukup lengkap. Setiap sentra memiliki ruang tersendiri berikut alat permainan edukatif (APE) masing-masing. Ada sentra persiapan, sentra balok, dan sentra main peran. Sedangkan sentra bahan alam ditempatkan di luar kelas, sesuai dengan standar yang mengharuskan sentra ini di ruang terbuka (outdoor).

Empat materi disampaikan para ustadzah Al Ummah sebagai nara sumber pada simulasi sentra itu. Dengan presentasi multimedia pada sesi teori dan simulasi langsung di masing-masing sentra pada sesi praktek, peserta sangat antusias mengikuti acara itu. Sebagian peserta bahkan berharap agar acara serupa bisa diadakan kembali dalam waktu dekat.[]

Comments are closed.