Bazar Mini dan Berburu Halal Bergizi

Pemandangan tak biasa tampak di halaman sekolah Al Ummah hari Kamis, 22 Maret 2012.

Bazar Mini dan Berburu Halal Bergizi

Pemandangan tak biasa tampak di halaman sekolah Al Ummah hari Kamis, 22 Maret 2012. Pasalnya, ratusan anak KBIT-TKIT Al Ummah berduyun-duyun mendatangi Bazar Mini yang menjual beraneka jenis makanan dan minuman.

Ada makanan olahan seperti juz buah, agar-agar buah, kentang krispi, jeli warna warni, tahu bakso, roti maryam dan jagung manis. Ada pula makanan dan minuman kemasan seperti marshmallow, coklat, teh gelas dan aneka snack ringan kemasan. Tak ketinggalan ice cream cone yang paling diminati anak-anak.

Sejumlah anak tampak sibuk membaca komposisi di balik kemasan jajanan yang mereka beli. Meyakinkan adanya logo HALAL dan tidak adanya MSG, aspartam dan sejenisnya. “Ada anak yang terlanjur beli makanan yang tidak aman dikonsumsi, ada yang tidak jadi beli karena diingatkan temannya. Alhamdulillah sebagian besar sudah paham dan hanya membeli makanan yang aman” papar Fitri Handayani, ketua panitia perayaan tema Makananku Halal dan Bergizi. “Sebelumnya, setiap hari semua kelas menyampaikan bahaya makanan yang mengandung bahan-bahan yang tidak aman seperti penguat rasa, pengawet dan sejenisnya” jelasnya.Bazar Mini Al Ummah - 2

Perayaan tema yang melibatkan seluruh unsur sekolah ini juga mendapat apresiasi dari wali murid. “Beryl dan Caca jadi selektif kalo diajak beli makanan. Kalo ga ada HALALnya, ga mau beli” kata Supervisor PT Wilmar Nabati ini.

Kesadaran anak-anak pada makanan yang halal dan bergizi dibangun terus menerus setiap hari saat ustadzah membacakan Buku Tema. Kegiatan ini diperkuat juga dengan menunjukkan langsung pada anak bahan-bahan makanan bergizi setiap harinya. []

Comments are closed.